Mushaf
سرة الشّورى
Musyawarah
Mekkah (53 Ayat)

Surat Asy Syuura terdiri atas 93 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Fushshilat.

Dinamai 'Asy Syuura' (musyawarat) diambil dari perkataan 'Syuura' yang terdapat pada ayat 38 surat ini. Dalam ayat tersebut diletakkan salah satu dari dasar-dasar pemerintahan Islam ialah musyawarat.

Dinamai juga 'Has Miim 'Ain Siin Qaaf' karena surat ini dimulai dengan huruf-huruf hijaiyah itu.

Pokok-pokok isinya:

1.Keimanan:

Dalil-dalil tentang Allah Yang Maha Esa dengan menerngkan kejadian langit dan bumi, turunnya hujan, berlayarnya kapal di lautan dengan aman dan sebagainya; Allah memberi rezki kepada hamba-Nya dengan ukuran tertentu sesuai dengan kemaslahatan mereka dan sesuai pula dengan hikmah dan Ilmu-Nya; Allah memberikan anak-anak laki-laki atau anak-anak perempuan atau anak laki-laki dan perempuan kepada siapa yang dikehendaki-Nya, atau tidak memberi anak seorang pun; cara-cara Allah menyampaikan perkataan-Nya kepada manusia; pokok-pokok agama yang dibawa para rasul adalah sama.

2.Hukum:

Tidak ada dasar untuk menuntut orang yang mempertahankan diri.

3.Dan lain-lain:

Keterangan bagaimana keadaan orang-orang kafir dan keadaan orang-orang mu'min nanati di akhirat; memberi ampun lebih baik dari pada membalas dan membalas jangan sampai melampaui batas; orang-orang kafir mendesak Nabi Muhammad s.a.w. supaya hari kiamat disegerakan datangnya; kewajiban rasul hanya menyampaikan risalahnya.

Bismillahirrahmaanirrahiim
 
وَّيَعْلَمَ الَّذِيْنَ يُجَادِلُوْنَ فِيْٓ اٰيٰتِنَاۗ مَا لَهُمْ مِّنْ مَّحِيْصٍ٣٥
waya'lama alladziina yujaadiluuna fii aayaatinaa maa lahum min mahiishin

[42:35] Dan supaya orang-orang yang membantah ayat-ayat (kekuasaan) Kami mengetahui bahwa mereka sekali-kali tidak akan memperoleh jalan ke luar (dari siksaan).

[42:35] And that those who argue concerning Our revelations may know they have no refuge.

[42:35] 也歸於遠離大罪和醜事,且在發怒時能赦宥者;

[42:35] 그러나 하나님의 예증들에 관하여 논쟁하는 자 그들에게는 피할 길이 없음을 알게 하리라

[42:35] しかし,われの印に就いて論議する者は,免れる場もないことを知るであろう。